Ini Dia 3 Jenis Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Alat ukur tanah adalah alat yang digunakan untuk mengukr jarak atau sudut. Untuk melakukan pengukuran, maka dibutuhkan beberapa alat ukur yang menghasilkan perhitungan tepat. Pengukuran biaanya dialkukan dan berhubungan dengan pekerjaan teknik sipil. Berdasarkan jenisnya, alat ukur tanah teknik sipil dibagi menjadi 3, yakni alat ukur tanah sederhana, alat ukur elektronik tanah elektronik dan alat ukur tanah optic.

Alat Ukur Sederhana

  1. Meteran
    Alat ukur sederhana termasuk salah satu dalam jenis alat ukur tanah teknik sipil yang kita bahas kali ini. Disebut sederhana karena menggunakan alat ini sangat mudah dan sederhana, serta menggunakan satu macam ukuran saja. Alat ukur pertama adalah meteran. Fungsi dari meteran tentu adalah untuk mengukur panjang dan jarak.
    Ada tiga jenis meteran yang ada, yaitu meteran dari kain (metallic cloth) yang terbuat dari kain linen dan anyaman kawat halus, meteran yang terbuat dari baja, dan meteran yang terbuat dari baja alloy (campuran baja dan nikel). Penggunaan meteran adalah dengan cara merentangkan dari suatu titik ke titik lainnya pada objek bidang yang diukur.
  1. Kompas
    Alat ukur tanah sederhana yang kedua adalah Kompas. Kompas adalah suatu alat berbentuk bulat yang terdiri dari sebuah jarum dan lingkaran. Bagian salah satu ujung jarum terbuat dari magnet, bagian tengah jarum dipasang sebuah sumbu agar jarum bisa berputar bebas sesuai arah medan magnet bumi, yaitu arah utara dan selatan.
    Karena jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan, maka fungsinya adalah untuk menentukan arah, biasanya jika kita tersesat atau sedang mencari rute, maka gunakanlah kompas untuk menentukan arah. Cara menggunakan kompas mudah sekali, tinggal tempatkan pada bidang yang datar, maka jarum kompas akan otomatis menunjuk arah utara dan selatan.
  1. Klinometer
    Klinometer adalah salah satu alat ukur tanah sederhana untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik yang terdapat di garis datar dengan titik puncak sebuah objek. Dengan menggunakan klinometer, kita bisa mengetahui tinggi atau panjang benda dengan secara tidak langsung.Cara penggunaan Klinometer sebaiknya dilakukan dua orang, Orang pertama menjadi pemegang alat dan membidik objek yang diukur. Satu orang lain membaca sudut dan hasil pengamatan dari klinometer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Open chat
1
Selamat datang di PT. Hartono Marunda Sejahtera, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan atau jasa kami.